Wednesday, July 3, 2019

Youth Juni 2019 #3 - JIKA KAMU MENGALAMI PENOLAKAN


JIKA KAMU MENGALAMI PENOLAKAN
(FORGIVENESS VS REJECTION  PART 3)

Bahan Bacaan
1 Tesalonika 5:18, “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

Penjelasan Materi
Youthers, penolakan merupakan fakta yang mau tidak mau akan kita temui dalam kehidupan sehari hari Pada Minggu 1 kita sudah sama-sama mengetahui bagaimana Yesus sendiri ditolak, apalagi kita, sebagai pengikut Yesus tidak mustahil pula mengalami penolakan. Misalnya saja, ketika kita mengalami penolakan karena cinta, karena lamaran pekerjaan/kehilangan pekerjaan, karena tidak masuk sekolah/kampus idamanPerasaan ditolak juga bisa timbul dari pengabaian emosional atau fisik oleh teman atau keluarga, atau dari hubungan yang terdekat, seperti orang tua atau pasangan.

Youthers, reaksi kita dalam menghadapi pastinya beragam, ada yang kecewa, sedih, marah, depresi, takut, malu, menyalahkan keadaan, orang lain bahkan menyalahkan Tuhan sampai pada titik fatal berakhir pada pencobaan bunuh diri. Jika tidak disikapi dengan bijak dan dengan hikmat dari Tuhan, maka penolakan bisa saja menyebabkan seseorang menjadi berhenti untuk mengejar mimpi, harapan dan stag pada keadaannya sekarang, ia menjadi rendah diri, tidak mudah percaya ada orang lain dan selalu takut untuk mencoba. Perasaan tertolak dapat benar-benar menyebabkan seseorang kehilangan rencana Tuhan untuk hidupnya apabila ia menolak untuk menyembuhkan luka hatinya dan bangkit kembali.

Youthers, yang harus kita pahami ketika kita mengalami penolakan adalah bahwa kita tidak sendirian. Di dunia ini, bukan hanya kita saja yang mengalaminya, semua orang pasti pernah dan akan mengalami penolakan. Tidaklah mungkin untuk menjalani hidup tanpa merasa ditolak pada suatu saat. Tapi satu kebenaran yang harus kita pahami adalah, sekalipun orang lain dan apapun menolak kita, tetapi Tuhan selalau menerima kita apa adanya dan begitu mengasihi sebagaimana adanya diri kita. Yang harus kita lakukan adalah berdoa tentang masalah penolakan yang kita alami. Serahkan kekecewaan, kesakitan hati, kemarahan, kesedihan, ataupun depresi kita hanya kepada Tuhan. 

Ampuni setiap orang ataupun keadaan apapun yang membuat kita ada dalam kondisi tertolak. Mintalah Dia untuk menyembuhkan luka batin akibat penolakan yang kita alami. Perhatikan Firman Tuhan dalam 1 Tesalonika 5:18, “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.” Ya,  Firman Tuhan mengarahkan kita untuk bersyukur dalam segala hal, jadi bersyukurlah kepada Tuhan karena melalui penolakan yang kita alami,  Ia sedang membimbing kita menuju kedewasaan rohani yang lebih lagi. Youthers, izinkan kuasa Roh Kudus bekerja dalam hidup kita memperbaharui hati dan pikiran kita dari rasa tertolak.
Bahan Diskusi : Ceritakan pengalaman kita menghadapi penolakan? Bagaimana kita mengatasinya?

PENTAKOSTA KE 3

PENTAKOSTA KE 3

SENIMENULISISIHATITUHAN

JADWAL IBADAH

JADWAL IBADAH