Sunday, December 9, 2018

Youth Desember 2018 #2 - KASIH-NYA MENGUBAHKAN


KASIH-NYA MENGUBAHKAN

Bahan Bacaan
Yohanes 3:16,“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Penjelasan Materi
Youthers, Pada Minggu 1 kita sudah mengulas mengenai makna kelahiran Yesus, yaitu untuk menyatakan kasihNya kepada umat manusia melalui karya penyelamatan. Di Minggu kedua ini, kita akan memahami bersama bagaimana karya penyelamatanNya mampu mengubahkan hidup setiap kita sebagai orang percaya. Ya, kasih Krisus yang begitu besar kepada kita anak-anakNya, akan memampukan kita berubah menjadi pribadi yang lebih baik.. Ada kekuatan dibalik sebuah kasih. Karena dikasihi, seseorang bisa berubah ke arah yang lebih baik. Ketika kita dikasihi oleh Tuhan, maka kekuatan kasih itu dapat membuat hal-hal yang tidak baik, hal yang buruk, hal yang tidak berkenan dalam diri kita di hadapanNya, diubahkan menjadi hal-hal yang baik, yang indah dan yang berkenan di hadapanNya Sudahkah kita mengalami perubahan ini karena kasih Kristus kepada kita?

Ketahuilah Youthers, bahwa dikasihi Tuhan bukanlah sesuatu hal yang pasif, melainkan sesuatu hal yang sifatnya “aktif”. Ketika hidup kita dipenuhi kasih Kristus, maka kasih itulah yang mengontrol dan menguasai hidup kita. Lihat saja Paulus, sebegitu kuat pengaruh kasih Tuhan, membuat dia yang begitu benci terhadap orang Kristen, sampai-sampai membunuh mereka, ternyata berubah seketika karena kasih Tuhan. Kasih Tuhan atas Paulus tidak hanya mengubahkan hidupnya tetapi juga memperlengkapinya dengan hikmat, sehingga ia bisa mengajar dan menulis surat kepada banyak jemaat tentang anugrah dan kasih Tuhan kepada banyak orang di berbagai daerah dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Pertanyaannya, bagaimana respon kita terhadap kasih Tuhan yang begitu besar terhadap kita? Mari kita renungkan Youthers bahwa setiap hal yang boleh kita lalui, segala berkat, promosi, kesehatan , keluarga, sahabat harta benda dan hal apapun dalam seluruh hidup ini kita dapatkan hanayalah karena kasih Tuhan saja. Jika hidup kita mau diubahkan oleh kasih Tuhan, maka, pertama, kita harus memiliki kesadaran bahwa kita ini memang dikasihi oleh Tuhan, jangan pernah berpikir Tuhan tidak sayang, Tuhan tega, Tuhan tidak adil. Jangan! Kedua, miliki kesadaran bahwa kita tidak bisa hidup tanpa kasih Tuhan. Dengan melakukan kedua hal ini maka hidup kita akan senantiasa dperbaharui dan diubahkan karena kasih Tuhan. Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia (1 Yohanes 4:16)

Bahan Diskusi: Oleh karena kasih Tuhan, apa saja hal-hal dalam hidup kita yang sudah berubah menjadi lebih baik?

PENTAKOSTA KE 3

PENTAKOSTA KE 3

SENIMENULISISIHATITUHAN

JADWAL IBADAH

JADWAL IBADAH