Wednesday, November 14, 2018

Youth November Minggu 2, 2018 - MOTIVASI KETIKA KITA BERANGKAT KERJA


MOTIVASI KETIKA KITA BERANGKAT KERJA

Bahan Bacaan

2 Tes 3:10-11, “Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan. Kami katakan ini karena kami dengar, bahwa ada orang yang tidak tertib hidupnya dan tidak bekerja, melainkan sibuk dengan hal-hal yang tidak berguna.”

Penjelasan Materi.
Youthers, pagi hari adalah awal segala sesuatunya. Pastikan ketika kita bagun pagi, kita awali hari kita dengan doa dan ucapan syukur kepada Tuhan dan juga meminta perkenanan Tuhan atas aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari termasuk dalam pekerjaan kita. Jika hal ini kita lakukan setiap hari, maka hati kita akan limpah dengan damai sejahtera, apa yang kita kerjakan akan Tuhan tuntun, dan percaya bahwa Tuhan akan membuat berhasil apa saja yang kita lakukan karena segala sesuatunya kita mulai dengan doa. Jika kita mengawali hari dengan Tuhan, maka semua motivasi yang keliru akan Tuhan luruskan, termasuk motivasi yang salah dalam pekerjaan kita.

Mungkin masih banyak orang yang memiliki motivasi yang salah sebelum berangkat bekerja. Misalnya, sudah merencanakan berbagai agenda yang sifatnya pribadi dengan memanfaatkan jam-jam bekerja, bekerja tidak perlu total dan maksimal agar tidak terlalu kelelahan, bekerja terlalu santai karena toh digajinya tidak besar  atau motivasi bekerjanya semata-mata hanya karena mengejar uang, uang dan uang dan masih banyak motivasi keliru lainnya.

Youthers, kita harus memperbarui motivasi kita sebelum kita berangkat dari rumah menuju kantir/tempat manapun kita bekerja. Mengapa? Karena motivasi adalah landasan mengapa seseorang bekerja, jika motivasinya sudah salah, maka apa yang dikerjakan juga bisa salah. Motivasi akan memengaruhi bagaimana kita bekerja, apa yang menarik dan memberi semangat kerja kita, pun yang akan melemahkan atau merusak cara kerja kita juga.

Perhatikan Firman Tuhan dalam Efesus 2:10, seperti yang dimengerti Paulus, karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. Tuhan ingin kita mengerjakan pekerjaan baik yang sudah Tuhan siapkan, bukan bekerja untuk sekedar mencari uang atau mengaktualisasi diri menurut kehendak kita sendiri. Pahamilah Youthers, bahwa bekerja yang sejati adalah karena kita ingin menggenapkan mandat atau kehendak Tuhan. Untuk tujuan inilah IA menyelamatkan umat pilihan-Nya (Ef. 2:8-10).

Jadi Youthers, yang harus kita  pahami adalah bahwa bekerja merupakan proses mengaplikasikan talenta yang Tuhan beri, untuk kita bisa menjadi berkat bagi rekan sekerja kita, bos kita, dan siapapun yang berhubungan dengan pekerjaan. Jika kita jadikan ini landasan kita untuk bekerja maka kita akan memiliki motivasi yang tepat saat melakukan pekerjaan yang ditugaskan kepada kita. Pada akhirnya semua itu membawa kemuliaan bagi Tuhan.  Milikilah paradigma bahwa jika kita mengerjakan hal yang salah, tidak cocok dengan talenta, merugikan atau mencelakakan orang lain, maka kita mempermalukan Tuhan yang telah mencipta dan memberi mandat kepada kita. Untuk itu berkerjalah dengan sebaik-baiknya.


Bahan Diskusi
Apa yang menjadi motivasi kita saat ini dalam bekerja?


PENTAKOSTA KE 3

PENTAKOSTA KE 3

SENIMENULISISIHATITUHAN

JADWAL IBADAH

JADWAL IBADAH